Tips Tingkatkan Produksi Udang dengan Teknologi Busmetik

Kunci sukses budidaya udang vannamei di air tawar sudah dibahas kemarin. Hari ini UD MUZAYIN PUTRA sebagai salah satu supplier benur murah dan terpercaya akan memberikan tips meningkatkan produksi udang dengan teknologi busmetik.

Apa itu teknologi Busmetik? Siapakah yang mengembangkannya? Dan bagaimanakah teknologi Busmetik mampu meningkatkan produksi udang? Mari kita simak penjelasan berikut.

Tips Tingkatkan Produksi Udang dengan Teknologi Busmetik

Teknologi Busmetik

Busmetik adalah singkatan dari Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik. Teknologi Busmetik yang dikembangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terbukti mampu menghasilkan udang lebih maksimal. Teknologi ini menggunakan sistem budidaya semi tertutup dengan tingkatan budidaya intensif sama seperti dengan super intensif dan mampu menghasilkan panen udang 3 kali dalam setahun dengan keuntungan hingga 58% pertahun.

Busmetik merupakan teknologi budidaya udang yang pada awalnya dikembangkan sebagai instrumen utama pembelajaran di lembaga pendidikan vokasi KKP, namun inovasi teknologi ini ternyata mampu membuktikan hasil produksi udang yang cukup baik, sehingga teknologi busmetik mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan dan merupakan alternatif baru bagi masyarakat terutama yang berminat untuk melakukan kegiatan budidaya udang dengan lahan terbatas.

Di beberapa daerah seperti Tangerang, Serang dan wilayah lain di provinsi Banten sangat tertarik dengan teknologi Busmetik dan akan mengaplikasikan teknologi ini dengan dukungan para penyuluh dan pelaku utama perikanan serta akan terus mensosialisasikan teknologi ini kepada masyarakat luas. Penerapan teknologi busmetik juga dilakukan di Pacitan dan telah diperoleh hasil panen yang sangat baik dan akan terus dikembangkan guna membangun budidaya udang.

Pada prinsipnya teknoligi busmetik ini sangat efesien karena tidak membutuhkan modal yang cukup besar sebagaimana kegiatan tambak udang pada umumnya, bahkan bisa dilakukan dengan lahan yang tidak terlalu luas dengan teknologi yang relatif mudah, sehingga cukup menarik terutama bagi pengusaha perikanan pemula dengan modal relatif terjangkau. Disamping teknologi ini juga berwawasan lingkungan karena tidak menggunakan senyawa kimia/obat-obatan yang berbahaya dan antibiotik serta menerapkan biosekuritas.

Mengingat produksi udang harus terus ditingkatkan guna mendongkrak peningkatan produksi perikanan budidaya secara nasional, disamping mengembangkan wirausaha dan perluasan lapangan pekerjaan, maka berbagai upaya akan terus dilakukan termasuk inovasi teknologi, salah satunya busmetik. Melihat hasil produksi udang yang sangat menjanjikan dalam penerapan busmetik, sudah saatnya inovasi teknologi ini dapat diterima oleh masyarakat secara luas terutama pelaku perikanan budidaya, sehingga diharapkan keberhasilannya dapat meningkatkan produksi udang nasional dan disisi lain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Demikian pembahasan singkat mengenai penggunaan teknologi Busmetik untuk meningkatkan produksi udang. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.


Diolah dari http://ditusaha-kkp.net